PERTEMUAN KE 20
KBMN 28
Hari/tanggal :
Rabu/22 Februari 2023
Tema :
Strategi Pemasaran Buku
Narasumber : Agus
Subardana,S.E.,M.M
Moderator :
Pubaniasita KS,S.Pd
"Semua orang akan
mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di
akhirat kelak"
( Ali bin Abu
Thalib )
Dimalam yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini.
Siapakah beliau?
“ Bapak/Ibu yang
hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan
segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan
Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam
dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata
Mandala Jakarta. Riwayat pendidikan
beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti
keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust. Subardana S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus”
Demikian ibu Pubaniasita
membuka kelas menulis yang sudah memasuki pertemuan ke 20.
Membaca sudah
disarankan kepada manusia yang ditandai dengan turunnya surat Al Alaq yang menyarankan kita untuk membaca.Disamping membaca ada hal penting lainnya yang harus
dilakukan yaitu menulis. Seorang yang terkenal dizamannya tidak akan diketahui
generasi selanjutnya jika tidak ada jejak literasi yang ditinggalkannya. Maka
menulislah agar kenangan itu abadi.
Tujuan menulis
adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara
otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah
membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus
dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang
sangat dibutuhkan. Suatu karya tulis juga perlu strategi untuk sampai kepada
pembaca. Jika hanya dicetak dan disimpan di gudang juga tidak ada artinya
karena tidak bisa dinikmati pembaca.
Materi hari ini
akan mengupas tuntas strategi pemasaran yang denga judul *Pemasaran Buku"
sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak dan kuasai. Mari kita
simak bersama pemaparan narsum kita yang luar biasa ini
Dengan ramah Pak
agus menyapa peserta KBMN dengan sebuah puisi
Singgah sebentar
di rumah Kerabat
Meminta buah Apel
dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk
Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari
Saya Agust Subardana
Jangan Ngebut
Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja
membawa buah Mengkudu
Terimakasih
kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Demikian
Narasumber malam ini dengan rendah hati memperkenalkan diri.
Buku merupakan
salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran
serta sarana penyampaian informasi.
Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk
membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan
buku.
Untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan
dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami
dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk
dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
a. Pemasaran buku lewat Online
Saat terjadi
pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa
mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti
kemajuan zaman dan juga keinginan customer
maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu
iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh
lebih mudah.Kenapa bisa lebih mudah?
Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi
kehidupan kita.
Penerbit ANDI
saat ini ttengah menjalankan penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi
dengan istilah digital marketing.
Digital marketing
merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau
jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis
digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset antara lain :
1. Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
2. Search Engine
Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk
mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine
Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari,
Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang
bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari
atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social media
marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang
supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan
oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana
promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya
anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan
media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun
Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada
banyak kumbang
Di kali banyak
buaya
Janganlah ragu
ataupun bimbang
Toko online ini
bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau
Bali
Jangan lupa
datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko
online kami
Barangnya cuma
setengah harga
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9. Penerbit Andi
Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga
dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama
di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Tujuan Penjualan
secara Online
* Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar
potensial
* Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga
kesetiaan konsumen terjaga
*Menaikkan penjualan dan profit
* Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
* Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
* Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang
diinginkan
* Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Strategi Marketing
1. Strategi
online-
Penggunaan
Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
2. Menyelenggarakan
Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia dengan hadiah yang cukup
menarik.
3.Pemasaran Buku
Lewat Komunitas
Kita tentunya
punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas
menulis Om Jay,komunitas puisi Sumpah Pemuda,komunitas guru,komunitas orang tua
siswa,dan sebagainya.
B.Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai
seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d
Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Penerbit Buku
yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu
*Toko Buku Modern
Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books
Store. Toko Modern
ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang
dapat dikendalikan
dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
*Toko Buku Semi Modern
Toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan
sistem administasi
penjualan per toko
*Toko Buku Tradisional.
Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Pemetaan ini dilakukan karena tiap
jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Untuk itu saluran
toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit
buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi
di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara
lain
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-Mengadakan event
tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
Dan masih banyak
lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya
kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Cara menarik pembeli
* Display Buku yang menarik
*Promo Display Buku di Toko
*Promo Discount
2.Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku
melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang
kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini dibagi menjadi
beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata
pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk
semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK,
SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan
jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku
melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga
Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya
masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap
kampus
- Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat
3.Melakukan even
terbuka
Mengadakan
pameran buku,seminar,workshop,pembuatan film pendek.menulis puisi,essay dal
lain-lain
Keunggulan
Penerbit Andi
- Memiliki Brand Name sendiri ditengah
masyarakat
- Jaringan distribusi sangat luas
- Memiliki mesin cetak sendiri
- Sistim royalti yang amanah dan bisa
dipercaya.
Sesi tanya jawab
P1
Endang Ratna Juwita
Asal Bogor.
pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita
bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa
yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat
beli pembacamaka secara otomatis
Jawab
1.Buku kalau diterima penerbit Mayor maka secara otomatis buku sudah berada didistributor
Promosi dilakukan secara online atau offline agar bisa
sampai ke tangan pembaca
2.Buku fiksi seperti novel,cerpen,buku jurnal ,pengembangan
diri,buku anak,religi
3. Ketebalan tidak terlalu berpengaruh
Tapi kalau materinya bagus dan isi baru berpengaruh terhadap
minat baca
Harga 10-100 ribu merupakan harga yang terjangkau oleh
pembaca Indonesia
P2
Evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing
yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar
tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli
potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast,
infografik, dan lainnya.
Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki
bisa dilihat banyak orang?
Jawab
1.Memetakan peristiwa-peristiwa
yang sedang viral atau ngetren itu menjadi tulisan kita sehingga akan dibaca
banyak orang
2.Aktif di mesia sosial
3.Judul harus menari
P 3
Rosjida Ambawani - Ciamis
1.Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku olehpenerbit mayor Andi Offset ?
2.Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset danlesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?
Jawab
Penulis pemula sangat bisa diterbitkan di penerbit mayor tergantung isi tulisannya sudah sesuai dengan kebutuhan pasar misalnya kalangan pelajar, jenjang pendidikan untuk SD SMPatau SMA atau SMK atau untuk perguruan tinggi atau untuk umum
Jika pemasaran lesu,penerbit Andi akan menggerakkan 90 cabang yang ada di seluruh Indonesia untuk pomosi,jika dalam dua tahun masih juga belum laku maka akan diadakan bazar buku atau dikrim ke perpustakaan
Demikian
materi kita malam ini semoga bermanfaat
Semangat menulis!
BalasHapusTerima kasih,bunda
Hapus