PERTEMUAN KE 20

KBMN 28

Hari/tanggal       : Rabu/22 Februari 2023

Tema                   : Strategi Pemasaran Buku

Narasumber       : Agus Subardana,S.E.,M.M

Moderator          : Pubaniasita KS,S.Pd





"Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" 

( Ali bin Abu Thalib )

  

Dimalam yang sejuk ini moderator mulai memperkenalkan narasumber kita malam ini.

Siapakah beliau?

“ Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala  Jakarta. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agust. Subardana  S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus”

Demikian ibu Pubaniasita membuka kelas menulis yang sudah memasuki pertemuan ke 20.

Membaca sudah disarankan kepada manusia yang ditandai dengan turunnya surat Al Alaq yang menyarankan kita untuk membaca.Disamping membaca ada hal penting lainnya yang harus dilakukan yaitu menulis. Seorang yang terkenal dizamannya tidak akan diketahui generasi selanjutnya jika tidak ada jejak literasi yang ditinggalkannya. Maka menulislah agar kenangan itu abadi.

Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Suatu karya tulis juga perlu strategi untuk sampai kepada pembaca. Jika hanya dicetak dan disimpan di gudang juga tidak ada artinya karena tidak bisa dinikmati pembaca.

Materi hari ini akan mengupas tuntas strategi pemasaran yang denga judul *Pemasaran Buku" sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak dan kuasai. Mari kita simak bersama pemaparan narsum kita yang luar biasa ini

Dengan ramah Pak agus menyapa peserta KBMN dengan sebuah puisi

Singgah sebentar di rumah Kerabat

Meminta buah Apel dan Pisang Banana

Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat

Salam Hormat dari Saya Agust Subardana

 

Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor

Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu

Terimakasih kepada Moderator

Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku

Demikian Narasumber malam ini dengan rendah hati memperkenalkan diri.


Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.            Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.            Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

a.            Pemasaran buku lewat Online

Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah.Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Penerbit ANDI saat ini ttengah menjalankan penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset  antara lain :

1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.

Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :

Pantun 1 :

Di taman ada banyak kumbang

Di kali banyak buaya

Janganlah ragu ataupun bimbang

Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :

Liburan ke pulau Bali

Jangan lupa datang ke pantai Dewata

Ayo beli di toko online kami

Barangnya cuma setengah harga

5. Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Tujuan Penjualan secara Online

            * Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

            * Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga   

               kesetiaan konsumen terjaga

*Menaikkan penjualan dan profit

* Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

* Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

* Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

* Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

Strategi Marketing

1. Strategi online-

Penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

2. Menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia dengan hadiah yang cukup menarik.

3.Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas menulis Om Jay,komunitas puisi Sumpah Pemuda,komunitas guru,komunitas orang tua siswa,dan sebagainya.

B.Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

 1.           Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu

*Toko Buku Modern

Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern

ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan

dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

*Toko Buku Semi Modern

Toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi  

penjualan per toko

*Toko Buku Tradisional. 

Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Pemetaan  ini dilakukan karena tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain

- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

-Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

Cara menarik pembeli

* Display Buku yang menarik

*Promo Display Buku di Toko

*Promo Discount

 2.Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-              Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,  

               SMP, SMA, SMK).

-              Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-              Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-              Kunjungan langsung ke tiap sekolah

-              Kunjungan langsung ke setiap kampus

-              Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

-              Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat

3.Melakukan even terbuka

Mengadakan pameran buku,seminar,workshop,pembuatan film pendek.menulis puisi,essay dal lain-lain

Keunggulan Penerbit Andi

  • Memiliki Brand Name sendiri ditengah masyarakat
  • Jaringan distribusi sangat luas
  • Memiliki mesin cetak sendiri
  • Sistim royalti yang amanah dan bisa dipercaya.

 

Sesi tanya jawab

P1

Endang Ratna Juwita

Asal Bogor.

 

pertanyaan:

1.Apa yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?

2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?

3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembacamaka secara otomatis

Jawab

1.Buku kalau diterima penerbit Mayor maka secara otomatis buku sudah berada didistributor

Promosi dilakukan secara online atau offline agar bisa sampai ke tangan pembaca

2.Buku fiksi seperti novel,cerpen,buku jurnal ,pengembangan diri,buku anak,religi

3. Ketebalan tidak terlalu berpengaruh

Tapi kalau materinya bagus dan isi baru berpengaruh terhadap minat baca

Harga 10-100 ribu merupakan harga yang terjangkau oleh pembaca Indonesia

P2

Evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang?

Jawab

1.Memetakan peristiwa-peristiwa yang sedang viral atau ngetren itu menjadi tulisan kita sehingga akan dibaca banyak orang

2.Aktif di mesia sosial

3.Judul harus menari

P 3

Rosjida Ambawani - Ciamis

1.Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku olehpenerbit mayor Andi Offset ?

2.Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset danlesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?

Jawab

Penulis pemula sangat bisa diterbitkan di penerbit mayor tergantung isi tulisannya sudah   sesuai dengan kebutuhan pasar misalnya kalangan pelajar, jenjang pendidikan untuk SD SMPatau SMA atau SMK atau untuk perguruan tinggi atau untuk umum

Jika pemasaran lesu,penerbit Andi akan menggerakkan 90 cabang yang ada di seluruh Indonesia untuk pomosi,jika dalam dua tahun masih juga belum laku maka akan diadakan bazar buku atau dikrim ke perpustakaan

Demikian materi kita malam ini semoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Ku Bahagia